Halaman

Jumat, 30 Maret 2012

PIANO

Piano adalah jenis alat musik harmonis, yaiut alat musik yang dapat dimainkan sebagai melodis (pembawa lagu) dan sebagai ritmis (pengiring lagu). Badannyaq terbuat dari bahan kayu membentuk persegi bagaikan meja dan berat. Oleh sebab itu memang benarlah bila piano disebut alat musik rumah tangga. Badan piano yang besar bagaikan kotak, adalah sebagai alat resonansi (membesarkan suara), yang didalamnya terdapat deretan dawai (kawat) yang diatur, dan palu-palu kecil sebanyak jumlah bilah nada (tuts) yang ada.



Sumber bunyinya berasal dari kawat-kawat yang dipukul oleh palu-palu kecil, bila tuts sedang ditekan.
Jumlah oktafnya berbeda-beda yaitu 4 sampai 7 oktaf

Dalam dunia musik piano sangat besar sekali jasanya, karena telah ratusan tahun yang lalu diciptakan dan banyak mengangkat nama tokoh-tokoh musik dunia menjadi terkenal karena terampilnya memainkan piano.

kendati alat musik ini sudah tergolong antik yang fungsinya banyak diambil oleh jenis alat musik elektronik seperti organ, keyboard dan lain-lainya, teteapi Piano tetap berperan penting dalam perkembangan musik, karena memiliki warna suara khas yang tidak dimiliki ole\h jenis alat musik lain.


Selain dari itu, alat musik yang satu ini sangat serasi dimainkan oleh para wanita dan anak-anak, baik dimainkan secara tunggal maupun dalam bentuk ansamble.

Seperti halnya dengan alat-alat musik lainya, piano juga memerlukan penyeteman agar suaranya tidak sumbang (tentu oleh tenaga khusus)

Deretan bilah nada (tuts) warna putih dan hitam yang diatur pada piano, adalah letak nada-nada menurut susunan tangga nada Diatonis. Tuts-Tuts berwarna putih adalah nada-nada utuh dalam tangga nada natural (C mayor), sedang tuts-tuts warna hitam adalah nada-nada belahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar